Kamis, 17 November 2016

Mengintip Sangga Buana, Tempat para Ksatria KOSTRAD TNI-AD Dilahirkan

Sangga Buana. Letaknya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Bagi para pencinta aktivitas luar ruangan, tempat ini lebih dikenal dengan nama Gunung Sangga Buana. Di struktur organisasi Kostrad, operasional Sangga Buana dipegang oleh Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (Denharrahlad) Kostrad. Untuk mencapai pusat latihan Kostrad ini dibutuhkan waktu sekitar tiga jam dari pusat kota Jakarta.

Bagaimana cerita Kostrad bisa ‘menguasai’ Sangga Buana? Ceritanya bermula saat Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menjabat Komandan Batalyon Lintas Udara 305 Karawang di awal tahun 1990-an. Saat itu pasukannya kerap berlatih di salah satu wilayah di Sangga Buana.

Begitu ia menjadi Panglima Kostrad, wilayah yang biasa menjadi tempat pembentukan prajurit Kostrad itu langsung dibebaskan untuk bisa sepenuhnya digunakan untuk keperluan pendidikan dan latihan korps Cakra itu.

Di tempat seluas 500 hektar itulah berbagai kecakapan yang dimiliki Kostrad dilatih, mulai dari patroli, pertempuran hutan, mobilisasi udara, anti gerilya, hingga latihan intai tempur khas Pleton Intai Tempur Kostrad.

Di saat-saat tertentu yang tidak ada jadwal pendidikan Kostrad, Sangga Buana juga kerap digunakan untuk kepentingan umum. Bukan untuk rekreasi atau kamping, melainkan untuk berbagai pelatihan pengembangan diri, seperti latihan kepemimpinan dan pembentukan karakter. Tak cuma boleh menggunakan area latihan Kostrad, mereka yang menggelar latihan di Sangga Buana juga dilatih oleh prajurit Kostrad sebenarnya.



Salah satu latihan yang bakal digelar dalam waktu dekat ini adalah latihan yang digagas oleh majalah Commando bertajuk Commando Military Camp tanggal 25-27 November mendatang.

Para peserta nantinya bakal mendapat privilege dilatih langsung oleh instruktur Kostrad sebenarnya. Dalam waktu tiga hari dua malam itu para peserta akan merasakan dididik ala TNI AD, khususnya yang pernah dilalui oleh seluruh prajurit Cakra.

“Kalau ada organisasi yang mau latihan di sini juga boleh. Yang penting mau berlatih, bukan rekreasi, mau latihan mental dan disiplin,” ujar salah satu staf operasi di Denharrahlad Kostrad.

Sumber : angkasa.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar